Skip to main content

Diterbitkan di Australia, Beginilah Koleksi Cerpen Mutakhir Indonesia

Keberagaman serta kompleksitas kehidupan kekinian di Indonesia saat ini dapat diselami banyak pembaca bahasa Inggris. Hal semacam itu menyalip diluncurkannya himpunan cerpen mutahir berjudul Crossing Boundaries : New Voices from Indonesia, yg memoto kehidupan penduduk kekinian di tetangga paling dekat Australia itu.
Simak Juga : contoh cerpen


Antologi yg terdiri atas sembilan buah cerpen ini dapat dibuka dengan cara online hasil bersama di antara Radio National, salah satunya stasiun radio punya tubuh penyiaran publik Australia ABC dengan Arts Centre Melbourne lewat program Asia TOPA : Asia-Pacific Triennial of Performing Arts.

" Koleksi ini meringkas kejadian terkait kehidupan perkotaan, cinta serta perseteruan di desa, kisah-kisah spektakuler, kebiasaan serta beberapa orang yg menentang kebiasaan itu, " kata pembawa acara program Books and Arts pada Radio National, Michael Cathcart yg juga sekaligus menentukan sembilan cerpen buat dialihkan.

Crossing Boundaries is a collection of Indonesian short stories.
Crossing Boundaries, koleksi cerpen Indonesia yg munculkan bekerja sama-sama dengan Radio National, salah satunya stasiun radio ABC, dan Asian Performing Arts Centre Melbourne. ABC RN : Tommy Chandra
Michael dibantu oleh Maggie Tiojakin, penulis serta editor Indonesia, dalam menyaring serta menafsirkan cerpen-cerpen itu. Prioritas mereka yaitu sebisa-bisanya mendeskripsikan keberagaman dalam kesusastraan Indonesia sekarang ini. " Kisah-kisahnya begitu beraneka dalam obyek serta type tulisan. Penulisnya baik yg baru tampak ataupun yg udah mapan dari semuanya Indonesia, " kata Maggie.

" Sejauh ini apabila kita bicara terkait kesenian Indonesia, kebanyakan terpusat di Jawa serta seputarnya. Oleh karena itu kami cari dari wilayah lain yg untuk pembaca mungkin tak seakrab Jawa. Kami berikan perhatian ke budaya yg tidak sama di Indonesia yg sesungguhnya begitu menarik lantaran kita jarang-jarang dapatkan vs Bahasa Inggrisnya, " kata Maggie Tiojakim.

Cerpen jadi media sastra begitu unik dalam kebudayaan Indonesia, yg tidak sama dengan kebudayaan yg berbasiskan Bahasa Inggris.

" Di Indonesia, biasanya cerpen dimuat dalam media pers sampai berkenaan erat dengan berita yg disediakan terhadap pembaca. Cerpen salah satu bentuk tulisan di Indonesia yg sungguh-sungguh membicarakan kendala keseharian dalam kehidupan di perkotaan serta di pedesaan. Cerpen jadi wakil sisi kehidupan Indonesia yg tidak sama serta apa yang menjadi perhatian kita, baik sosial ataupun politik. Maka dari itu cerpen sebagai bentuk tulisan yg penting di Indonesia, ialah buat dapatkan deskripsi apa yg berlangsung, " kata Maggie.
Artikel Terkait : pengertian cerpen

Making an elephant senang

Salah satunya cerpen berjudul Making an Elephant Senang karya Eka Kurniawan. Kisahnya " gelap serta ganjil perihal seekor gajah dengan misi menemukannya trik buat masuk ke depan kulkas, " kata Anna Frey Taylor, produser pada Radio National.

" Narasi mulai dengan cara biasa akan tetapi dengan suara rendah yg kelam. Pemanfaatan gajah, dalam dialog serta sisi dari narasi, merasa alamiah untuk penduduk Indonesia yg kerja di sektor kebudayaan dimana gagasan perihal binatang, hantu, dunia kita serta dunia supernatural saling eksis, " kata Kate Ben-Tovim, associate director AsiaTOPA.

" Cerpen yang lain termasuk juga The Story of a Tongue karya Clara Ng, sebagai dongeng magis terkait Asna, remaja putri yg merasa semuanya peradaban tumbuh di lidahnya, " jelas Anna Frey Taylor.

Lalu cerpen Five Ringgit karya I Nyoman Manda, sebagai kejadian satu orang pria yg menampik yakin orang dapat berganti bentuk jadi binatang.

Five Ringgit is a story by I Nyoman Manda
Antologi ini sebagai usaha buat berikan akses terhadap kesusastraan yg gak terpantau radar banyak pembaca Bahasa Inggris.

" Untuk penulis, gosip paling besar yaitu penerjemahan. Maka dari itu sedikit sekali karya yg dialihkan ke Bahasa Inggris. Sebanayak 50 prosen karya terjemahan dialihkan dari Bahasa Inggris (ke bahasa lain) , serta cuma enam prosen yg dialihkan ke Bahasa Inggris. Jelas kita begitu kekurangan, " kata Direktur Kreatif Asia TOPA Stephen Armstrong.

" Kami coba lenyap hambatannya. Berikan akses untuk karya-karya terhebat dari daerah Asia serta Pasifik, " ujarnya. 

Anda dapat nikmati karya-karya cerpen itu lewat tautan Crossing Boundaries : New Voices from Indonesia, yg ditambahkan dengan gambaran karya seniman Indonesia Tommy Chandra.

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Simak Jozef Kaban Kembali Gabung VW Group, Duduki Kepala Desain Merek Volkswagen

Volkswagen (VW) Kelompok udah memberitakan perubahan departemen rancangannya. Pergantian paling subtansial yaitu kembalinya Jozef Kaban. Pria asal Slovakia ini tak asing untuk produsen mobil Jerman. Ditulis dari Carscoops, Minggu (8/12/2019) , seusai tinggalkan VW Kelompok, ia sempat menduduki jabatan jadi kepala bentuk exterior Skoda pada 2008-2017. Simak juga : portofolio desain Setelah itu masuk dengan BMW Kelompok jadi kepala bentuk buat brand pokok BMW. Seterusnya, pada Maret 2019, masuk dengan Rolls-Royce. Akan tetapi, ia cuma bertahan enam bulan. Dalam andil barunya di VW Kelompok, Kaban bakal berperan sebagai kepala desainer brand Volkswagen Passenger Cars, berlaku mulai 1 Juli 2020. Urutan ini bakal dikosongkan Klaus Bischoff, yang bakal dipublikasikan jadi kepala bentuk VW Kelompok mulai 1 April 2020. Bacalah juga : Wanita Ini Kegemaran Koleksi Mobil McLaren Seharga Miliaran Rupiah, Ada Senna F1 Michael Mauer, yang sekarang ini mengepalai VW Kelompok Model serta de

Ini Dia Contoh Surat Lamaran CPNS 2019, Yuk Langsung Sontek

Kawan akrab Dream, pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 udah dibuka. Ada barisan dokumen yang wajib disediakan buat diangkat serta dikirim kala pendaftaran CPNS 2019. Beberapa syarat-syarat yang diperintah salah satunya pindaian KTP, poto berwarna mempunyai ukuran 3x4, serta selfie dengan KTP, dan dokumen surat lamaran. Dari sejumlah dokumen peryaratan barusan, kamu barangkali paling bingung bikin surat lamaran CPNS 2019. Kawan akrab Dream untung apabila kementerian atau instansi yang dibidik udah menyiapkan contoh surat lamaran CPNS 2019 bersama formatnya. Simak juga :  contoh surat dinas Salah kementerian yang bikin contoh surat lamaran yaitu Kementerian Agama. Di surat lamaran, ada alamat surat yang diperuntukan terhadap Menteri Agama. Setelah itu, ada formulir data diri yang berisi nama, tempat serta tanggal lahir, agama, kewarganegaraan, pendidikan terkini, alamat, dan nomor telpon/telpon seluler yang dapat dihubungi. Setelah itu, pelamar mesti isi

Yuk Intip Kala Tom Hanks Menulis Bunga Rampai Cerpen

Dalam sesuatu acara amal, seseorang gadis muda yang baru-baru ini putus dari pacarnya berkesan pada suatu mesin tik tua : dipasarkan seharga cuma lima dolar serta tambah membuat tertarik. Kunjungannya ke acara amal itu selanjutnya disudahi dengan menggendong pulang mesin tik itu. Hingga di apartemen dia sedih. Tuts-tutsnya terhambat, spasinya kalut, serta belnya mati. Karena itu esoknya dia bawa mesin tik tua barunya itu ke suatu toko reparasi. Kembali dia dibuat sedih lantaran si reparatornya gak pengin sentuh mesin itu, ditambah lagi melakukan perbaikan. “Nona, saya melakukan perbaikan mesin-mesin. Namun ini? Ini mainan, ” kata pak tua penjaga toko dengan ketus. Simka juga : contoh cerpen persahabatan Dia lalu membuka mainan yang dikatakan mesin tik oleh si nona. Sekadar buat tunjukkan ucapannya. Tangannya lalu melambai-lambai pada rack pada dinding yang didereti serbaneka mesin tik. “Lihatlah. Semuanya ini mesin. Dibikin dari baja. Hasil karya insinyur. Dibuat di pabrik-pab