Skip to main content

Indonesia Harus Berkaca dari Toleransi Lintas Agama di Bali

INDONESIA adalah negara yg punyai pelbagai banyak keberagaman, suku, bahasa, agama sampai kepercayaan spiritual yang lain. Keberagaman serta praktek toleransi semestinya bisa disaksikan di sebagian tempat, pentingnya pada perayaan hari besar keagamaan. Seperti di Bali, disaat Hari Raya Nyepi. Toleransi beragama di Bali cukuplah tinggi. Ini kelihatan dari desa rutinitas Tuban yg ada di Kabupaten Badung, Bali.

Beberapa penduduk non – Hindu di desa ini ikut ikut serta mengontrol keheningan serta kedamaian kala Nyepi. Dimulai dari berubah menjadi pecalang alias polisi rutinitas, sampai mengumandangkan azan tiada pengeras nada.

“Toleransi ini udah lama kami menjaga, masyarakat di desa rutinitas Tuban itu ikut sejumlah besar merupakan penduduk non – Hindu dengan perbandingan 1 : 4, dengan banyaknya masyarakat 18 ribu serta luas lokasi 3000. Kami mau memberikan toleransi ini terhadap semua pihak. Di Bali, ada toleransi yg tinggi, ” kata Bendesa rutinitas Tuban, I Wayan Mendra.
Lihat Juga : agama di indonesia

Para muslimin ikut mengumandangkan azan tiada pengeras nada, kelihatan juga beberapa pecalang, termasuk juga Pecalang beragama Kristen, Agus Andarjanus berkeliling-keliling memonitor keamanan di lebih kurang masjid yg ada di Jalan Raya Tuban waktu 19. 00 WITA. Cuma bermodalkan senter dengan penerangan yg rendah, pecalang berkeliling-keliling di daerah itu. Kala datang di masjid, kelihatan beberapa umat Muslim tengah mengerjakan shalat.  Selesai shalat, banyak pecalang diterima oleh dua pengurus masjid. Terus, kelihatan mereka berdiskusi. Tidak lama setelahnya, pecalang tinggalkan area.

“Dasarnya kami berikan merupakan negara menanggung ibadah sesuai kepercayaannya, sesuai sama clausal 29 ayat 2 UUD 1945. Mereka berikan toleransi besar karena itu kami ikut mesti berikan toleransi, ” kata Mendra.

Dan, dari 135 pecalang yg mengontrol keamanan di Desa Rutinitas Tuban, ada 4 pecalang non – Hindu. Mereka merupakan Agus Andarjanus yg beragama Kristen, I Wayan Toyib, Triono, serta Haji Sidik yg beragama Islam.


“Masalah keamanan saat Nyepi tidak hanya soal kami, namun soal keamanan semuanya penduduk Desa Rutinitas Tuban, ” jelas Mendra bab pecalang itu.

Pecalang non – Hindu ini sesungguhnya diambil dari team Perlindungan Warga (Linmas) yg udah cukuplah lama mengabdi, udah menikah serta dianggap bisa punya sikap dewasa. Pada tempat yg sama, Toyib ceritakan udah berubah menjadi pecalang sejak mulai tahun 1999. Dia adalah generasi pertama pecalang non – Hindu. Toyib menyatakan ikhlas berjaga kala Nyepi. Dikarenakan, lelaki asal Bugis, Makasar, ini udah menyintai Bali serta semuanya soal yg berhubungan dengan Bali. Ditambah lagi, dia sudah sejak mulai lahir ada di Bali.

“Tuhan itu satu, mengapa dibikin gaduh, agamaku agamaku, agamamu agamamu. Nenek saya Hindu, menikah dengan muslim terus jadi mualaf. Lahir bapak, mengambil istri orang Hindu, jadi mualaf kembali. Ya jadi seperti tak terelakkan. Keluarga Islam pastinya punyai saudara di Hindu, sebaliknya, ” kata Toyib.
Simak Juga : provinsi di Indonesia

Demikian sebaliknya Warga Bali tak mempersoalkan hadirnya daging sapi di pasar – pasar, atau di restoran, sejauh ini. Hingga, dalam skema kurban, ini bukan skema baru serta udah umum. Sapi adalah hewan suci umat Hindu, namun kurban sapi kala Idul Adha gak sempat jadi soal di Bali. Umat Muslim share kurban terhadap umat Hindu serta umat Hindu turut jadi panaitianya.

Gak cuma itu, tiap-tiap panitia kurban di Denpasar punyai peraturan sendiri – sendiri dalam mendistribusikan daging kurban. Bahkan juga, sekelompok panitia berbagi daging kurban terhadap penduduk yg kurang bisa tiada menyaksikan ketaksamaan kepercayaan yg ada. Dalam mendistribusikan (daging kurban) termasuk juga saudara – saudara yg beragama beda, kebanyakan ikut diberikan. Di sebagian tempat, ada umat beragama beda turut nimbrung dalam pembagiannya jadi panitia.

Idul Adha lantas dirasa Mustafa bertindak sebagai panitia jadi perayaan yg spesial, lantaran diadakan dengan semangat kebersamaan yg lebih kuat. Ini lantaran beberapa warga muslim di Denpasar senantiasa membawa tetangganya tiada menyaksikan apakah agamanya buat melahap santapan Idul Adha bersama-sama.


Di lain bagian, aktivitas tentang Ramadhan tetap berjejak. Mengenai penganut agama Islam di Bali sejumlah 520 ribu, dan umat Hindu capai 3, 2 juta jiwa dari keseluruhan 3, 9 juta masyarakat Bali. Sejumlah kampung muslim sampai saat ini dapat diketemukan di Pulau Dewata. Direktorat Jenderal Arahan Warga Islam, Kementrian Agama RI, tahun yang kemarin berkisah perjalanan mereka ke kantong – kantong penduduk muslim di Bali.

Umpamanya Kampung Loloan, Jembrana. Kampung berjarak lebih kurang 90 km. dari Kota Denpasar ini, sejumlah besar penduduknya profesinya jadi pedagang serta nelayan. Gak bertanya-tanya, masyarakat daerah ini berasal dari kehadiran beberapa pasukan Bugis lebih kurang empat zaman lalu.

Kampung Loloan diketahui jadi pemukiman umat Islam paling besar di Kabupaten Jembrana. Interaksi baik pada penganut Islam serta Hindu di Bali yg udah terikat sudah lama, berubah menjadi yang menimbulkan penguasa Jembrana kala itu, I Gusti Arya Pancoran, mengijinkannya group Bugis – Melayu menduduki daerah Loloan.

Kejadian beda dapat diketemukan di Kampung Pegayaman, Buleleng. Kehidupan satu hari – hari warga muslim di tempat ini, gak ubahnya kehidupan di Bali umumnya. Cuma mode rumah beribadah yang pasti tidak sama. Berikut ini keunikannya, ikon – ikon rutinitas Bali seberti Subak, Seka atau Banjar, terus hidup dengan baik di lingkungan group muslim.

Bila di Bali saja dapat begitu, mengapa di daerah beda tak? Dari mula berdirinya, Indonesia udah terdiri dalam beragam suku, rutinitas, budaya, serta agama. Gak elok terasa apabila saat ini ada yg tetap memaksakan kalau cuma agamanya-lah yg sangat benar serta mesti ditegakkan di bumi Indonesia. Agamaku agamaku, agamamu agamamu. Mari kita menjaga kebhinekaan Indonesia jadi warisan baik banyak pendahulu kita.

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Simak Jozef Kaban Kembali Gabung VW Group, Duduki Kepala Desain Merek Volkswagen

Volkswagen (VW) Kelompok udah memberitakan perubahan departemen rancangannya. Pergantian paling subtansial yaitu kembalinya Jozef Kaban. Pria asal Slovakia ini tak asing untuk produsen mobil Jerman. Ditulis dari Carscoops, Minggu (8/12/2019) , seusai tinggalkan VW Kelompok, ia sempat menduduki jabatan jadi kepala bentuk exterior Skoda pada 2008-2017. Simak juga : portofolio desain Setelah itu masuk dengan BMW Kelompok jadi kepala bentuk buat brand pokok BMW. Seterusnya, pada Maret 2019, masuk dengan Rolls-Royce. Akan tetapi, ia cuma bertahan enam bulan. Dalam andil barunya di VW Kelompok, Kaban bakal berperan sebagai kepala desainer brand Volkswagen Passenger Cars, berlaku mulai 1 Juli 2020. Urutan ini bakal dikosongkan Klaus Bischoff, yang bakal dipublikasikan jadi kepala bentuk VW Kelompok mulai 1 April 2020. Bacalah juga : Wanita Ini Kegemaran Koleksi Mobil McLaren Seharga Miliaran Rupiah, Ada Senna F1 Michael Mauer, yang sekarang ini mengepalai VW Kelompok Model serta de

Ini Dia Contoh Surat Lamaran CPNS 2019, Yuk Langsung Sontek

Kawan akrab Dream, pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 udah dibuka. Ada barisan dokumen yang wajib disediakan buat diangkat serta dikirim kala pendaftaran CPNS 2019. Beberapa syarat-syarat yang diperintah salah satunya pindaian KTP, poto berwarna mempunyai ukuran 3x4, serta selfie dengan KTP, dan dokumen surat lamaran. Dari sejumlah dokumen peryaratan barusan, kamu barangkali paling bingung bikin surat lamaran CPNS 2019. Kawan akrab Dream untung apabila kementerian atau instansi yang dibidik udah menyiapkan contoh surat lamaran CPNS 2019 bersama formatnya. Simak juga :  contoh surat dinas Salah kementerian yang bikin contoh surat lamaran yaitu Kementerian Agama. Di surat lamaran, ada alamat surat yang diperuntukan terhadap Menteri Agama. Setelah itu, ada formulir data diri yang berisi nama, tempat serta tanggal lahir, agama, kewarganegaraan, pendidikan terkini, alamat, dan nomor telpon/telpon seluler yang dapat dihubungi. Setelah itu, pelamar mesti isi

Yuk Intip Kala Tom Hanks Menulis Bunga Rampai Cerpen

Dalam sesuatu acara amal, seseorang gadis muda yang baru-baru ini putus dari pacarnya berkesan pada suatu mesin tik tua : dipasarkan seharga cuma lima dolar serta tambah membuat tertarik. Kunjungannya ke acara amal itu selanjutnya disudahi dengan menggendong pulang mesin tik itu. Hingga di apartemen dia sedih. Tuts-tutsnya terhambat, spasinya kalut, serta belnya mati. Karena itu esoknya dia bawa mesin tik tua barunya itu ke suatu toko reparasi. Kembali dia dibuat sedih lantaran si reparatornya gak pengin sentuh mesin itu, ditambah lagi melakukan perbaikan. “Nona, saya melakukan perbaikan mesin-mesin. Namun ini? Ini mainan, ” kata pak tua penjaga toko dengan ketus. Simka juga : contoh cerpen persahabatan Dia lalu membuka mainan yang dikatakan mesin tik oleh si nona. Sekadar buat tunjukkan ucapannya. Tangannya lalu melambai-lambai pada rack pada dinding yang didereti serbaneka mesin tik. “Lihatlah. Semuanya ini mesin. Dibikin dari baja. Hasil karya insinyur. Dibuat di pabrik-pab